Fishing

Pacuan Kuda Tradisional, Dongkrak Wisatawan

Sel16042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Wisata

Pacuan Kuda Tradisional, Dongkrak Wisatawan

Pacuan Kuda Tradisional, Kuningan

Kuningan Terkini- Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Disporapar) Kabupaten Kuningan menggelar Pacuan Kuda Tradisional, di Lapang Pacuan Kuda, Jalan Soekarno Hatta, Minggu, (16/9/2018). Pacuan kuda tradisional digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kuningan ke-520, 1 September 2018.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pacuan Kuda Tradisional kali ini dibanjiri ribuan penonton. Sesekali penonton berteriak memberi semangat kepada para joki. Kendati kuda dan jokinya masih amatiran serta lintasannya relatif sederhana, namun pacuan kuda tradisionalk ini tetap menarik dan menghibur.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pj Sekda, Drs Dadang Supardan, M.Si mengatakan, di Kabupaten Kuningan, kuda sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Mulai dari delman yang menjadi angkutan khas Kuningan atau sebagai sarana hiburan.

“Ada istilah leutik-leutik kuda Kuningan, ini tumbuh dalam semangat dalam aktivitas kehidupan masyarakat Kuningan dan telah mengantarkan berbagai sukses sebagian masyarakat kabupaten Kuningan di dalam daerah maupun luar daerah atau perantauan,” katanya.

Memasuki tahun ke-11 Pacuan Kuda Tradisional berbeda dengan Pacuan Kuda Profesional. Kuda yang dikutsertakan dalam adu ketangkasan ini tak dilatih khusus, karena merupakan kuda-kuda delman yang biasa digunakan untuk mengangkut penumpang.

“Dengan kelengkapan seadanya, justru ini menjadi keunikan tersendiri untuk mengangkat ketradisionalan Pacuan Kuda. Ke depan Pacuan Kuda Tradisional diharapkan menjadi ciri khas daerah Kabupaten Kuningan dalam mendongkrak kunjungan wisatawan,” paparnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing