Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Ekonomi

Swasembada Pangan, Kuningan Lampaui Target

Kepala Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian (DKPP)  Kuningan, DR Ukas Suharfaputra, MP

Kuningan Terkini - Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, produksi padi di Kabupaten Kuningan mencapai swasembada pangan bahkan melebihi target. Hasil padi yang dipanen mencapai 385000 Ton atau 80 persen. Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian (DKPP) Kuningan, DR Ukas Suharfaputra, MP, Selasa (02/02-2021).

“Dengan hasil produksi yang melampaui target tersebut, Insya Allah beberapa tahun kedepan, ketahanan swasembada pangan di Kuningan sangat aman. Namun, hasil produksi padi tersebut tidak bisa diserap, sehingga harganya menjadi murah,” katanya.

Dengan adanya kondisi seperti ini kata Ukas, pihaknya sedang mencari solusi agar hasil panen tersebut dapat tersalurkan. Yaitu dengan melakukan kerjasama dengan beberapa intansi terkait. Misalnya dengan RS Linggarjati untuk memasok logistik makanan khususnya tahu dan tempe.

“Tahu dan tempe merupakan menu tetap dan selalu dibutuhkan setiap hari. Disamping itu, mungkin kedepanya bisa memasok beras dan yang lainya,” imbuhnya.

Lebih jauh Ukas mengungkapkan terkait beberapa program pertanian yang sedang dikembangkan. Diantaranya, mandiri pupuk, guyur benih, dan ada juga program kedelai lokal yang sedang di garap oleh pihak pertanian dan kelompok-kelompok tani. Kuningan mendapat kepercayaan untuk mengolah penanaman kedelai diatas lahan seluas 1.000 Hektar.

“Alhamdulillah, meski dalam situasi pandemi Covid-19, Kuningan mampu meraih prestasi yang membanggakan dibidang swasembada pangan. Yaitu, penghargaan dari Kementrian Pertanian,” pungkasnya.(Hendra Aboy)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing