Fishing

Dampak Covid-19, Sektor Ekonomi dan Dunia Usaha Terpukul

Kam25042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Dampak Covid-19, Sektor Ekonomi dan Dunia Usaha Terpukul

Wabup Kuningan saat mengunjungi UMKM di desa karangkanmulyan, Kecamatan Ciawigebang.

Kuningan Terkini - Meluasnya pandemi Covid-19 di seantero Indonesia, termasuk didalamnya Kabupatenn Kuningan, membuat sektor ekonomi dan dunia usaha begitu terpukul. Salah satunya UMKM yang bergerak di industri makanan ringan, di desa karangkanmulyan, Kecamatan Ciawigebang.

Menurut pemilik UMKM “Moro Raos’, Atang, merebaknya pandemi covid-19 di Kabupaten Kuningan, sangat berdampak pada usahanya. Dari 15 UMKM di Desa Karangkamulyan, hanya usahanya saja yang masih bertahan, namun jumlah produksinya menurun tajam. Sementara, UMKM lainnya sudah tidak berproduksi lagi.

“Kami hanya bisa produksi 25 persen, sangat sedikit karena pesanan menurun sejak adanya Corona mulai bulan Maret lalu,” tutur Atang, Rabu (04/06/2020).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda yang terjun langsung mamantau kondisi UMKM di sejumlah wilayah Kuningan mengatakan, pihaknya akan membantu mencarikan jalan keluar bagi para pelaku UMKM. Pemkab Kuningan tidak akan tinggal diam dan akan mendorong para pelaku usaha agar bisa bertahan dan melanjutkan usahanya ditengah dan pasca pandemi Covid-19.

“Selain kesehatan, dampak Covid-19 yang paling dikhawatirkan adalah kemerosotan ekonomi. Untuk itu, Pemkab Kuningan akan menyiapkan program untuk pemulihan ekonomi bagi para pelaku usaha,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing