Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Pemerintahan

Sekjen Pekat: Dir PDAU Mundur Terhormat Atau Mau Dimundurkan?

Sekjen Pekat IB Kuningan,Nana Latif.

Kuningan Terkini - Tuntutan Direktur Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Darma Putra Kertaraharja Kuningan, DR Nana Sutisna, mundur dari jabatannya semakin santer. Salah satunya dari Sekjen Pekat IB Kuningan, Nana Mulyana Latif. Menurutnya, Direktur PDAU mau mundur secara terhormat atau mau dimundurkan secara tidak terhormat.

“Di era direktur sebelumnya, pokok persoalannya tetap tidak berubah. Masih berkutat masalah parawisata. Bedanya, dulu karena aset wisata Darma mau dikelola pemerintah daerah, sekarang parawisata tergerus oleh adanya pandemic covid-19,” kata Nana, Rabu (14/09/2021).

Hal ini kata Nana, Direktur PDAU Kuningan tidak mampu melakukan terobosan lain selain obyek parawisata. Padahal masih banyak yang bisal dilakukan PDAU untuk melakukan terobosan untuk mengembangkan PDAU, sehingga PDAU bisa berkembang dan tidak perlu menggaji karyawannya dengan meminjam dari pemerintah daerah.

“Banyak potensi di Kuningan yang bisa dikembangkan, salah satunya dengan mengembangkan industry tape ember. Itu omsetnya sangat besar,” tegas Nana.

Dengan konsisi PDAU saat ini, sudah jelas Direktur PDAU tidak mampu untuk memimpin dan mengembangkan PDAU Kuningan menjadi perusahaan daerah yang sehat. “Untuk itu, Direktur PDAU harus legowo mundur secara terhormat, jangan sampai nanti dimundurkan secara tidak terhormat,” terangnya.

Sementara, Kabag Ekonomi Kuningan, Aris Susandi, ST, M.Si saat dikonfirmasi menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan penyehatan PDAU terlebih dahulu. Selain itu, ia tidak memungkiri kondisi PDAU sedikit terpuruk. “Alasannya, karena masa pandemi, dan kebijakan PPKM. Seluruh objek wisata, termasuk objek wisata yang dikelola PDAU tutup total berapa bulan. PDAU sudah digaji, dua bulan sampai Juli 2021,” aku Aries.

Dana gajian sambungnya, ditanggulangi oleh KPM, atau Kuasa Pemilik Modal (KPM), yang notabene Bupati Kuningan. Tapi saat ini PPKM objek wisata sudah mulai bisa buka, jadi keuangan juga sudah mulai masuk semoga bisa normal lagi. “Yang jelas semua lagi diselesaikan,” tegas Aries.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing