Fishing

Sekda: Data Statistik Dibutuhkan Masyarakat

Jum19042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Sekda: Data Statistik Dibutuhkan Masyarakat

Sekda Kuningan, DR. Dian Rachmat Yanuar, M.Si.

Kuningan Terkini - Data statistik sektoral tidak saja penting bagi pemerintah daerah, juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan stakeholder lainnya dalam merencanakan dan memperbaiki kualitas kehidupan sosial ekonomi. Demikian disampaikan Sekda Kuningan, DR. Dian Rachmat Yanuar, M.Si saat membuka Sosialisasi Koordinasi dan Sinkronasi Pengumpulan, Pengelolaan Analisis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral di Gedung Permata Kuningan, Kamis, (14/10/2021).

Sekda berharap, dengan kegiatan ini pengumpulan data statistik terutama data statistik sektoral di Kabupaten Kuningan, dapat terkelola dengan baik dan selalu terupdate serta dapat dipertanggungjawabkan. Seiring era digitalisasi keterbukaan informasi peranan statistik semakin strategis, saat ini sudah terjadi perubahan paradigma.

“Oleh karenanya, SKPD dan lembaga terkait sebagai penyaji/produsen data dapat menyampaikan kepada Dinas Kominfo, yang dalam hal ini sebagai walidata, sehingga dapat terwujudnya forum satu data di Kabupaten Kuningan,” katanya.

Diskominfo dalam hal ini sebagai wadah komunikasi koordinasi kegiatan statistik sambungnya, dapat menumbuhkan sinergitas antara BPS dan dinas lainnya dalam menyediakan data bagi pemerintah maupun masyarakat.

“Dengan adanya keakuratan data statistik sektoral ini, bagi pemerintah daerah berperan penting sebagai sumber data bagi perencanaan ataupun pelaksanaan dan pengendalian pembangunan daerah,” terangnya.

Sementara, Ketua Panitia, Kabid Persandian dan Statistik Diskominfo Kabupaten Kuningan, Ahmad Setiawa, SE. menyampaikan, kegiatan ini terdiri dari 55 orang yang terdiri dari 30 SPD, 25 Instansi, Lembaga, Badan, Rumah Sakit dan Perguruan Tinggi untuk memahami tersusunnya DDA Kabupaten Kuningan yang layak sebagai rujukan Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam menentukan kebiajakn pembangunan.

“Kepada seluruh peserta, ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sunggguh agar tersusunnya DDA yang berorientasi kepada keperluan penggunaan data dan tersusunnya data yang akurat, lengkap, relevan dan berkesinambungan,” ujarnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing