Min04122022

Last updateRab, 30 Nov 2022 11pm

bjb

Pemerintahan

Harjad ke-524, Kuningan Introspeksi, Inovasi dan Evaluasi

Peringatan Harjad Kuningan ke-524.

Kuningan Terkini - Peringatan Hari Jadi Kuningan ke-524 yang digelar di gedung DPRD Kuningan, Kamis (01/09/2022), merupakan momentum yang sangat penting untuk terus berintrospeksi, berinovasi serta mengevaluasi terkait penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan maupun pembinaan kemasyarakatan.

“Dengan usia yang lebih dari 5 abad, Kuningan telah mengalami pasang surut perubahan di segala bidang kehidupan masyarakat. Sehingga, telah membentuk watak dan karakter masyarakatnya dengan semangat nilai-nilai luhur budaya dan kearifan lokal,” kata Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH mengawali sambutannya pada peringatan Hari Jadi Kuningan ke-534.

Peringatan Hari Jadi Kuningan ke-524 Kuningan kata Acep, mengambil tema Kuningan Maju Nyungsi Sajati, menjadi harapan masyarakat Kuningan, dimana kesehatan, keselamatan, kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat kuningan selalu dilimpahkan Allah Swt. “Semua ini, tidak terlepas dari upaya kita untuk mewujudkannya melalui kegiatan pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kondisi keterbatasan anggaran kata Acep, Kuningan mampu berprestasi. Beberapa raihan penghargaan mampu dipertahankan. Diantaranya, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-8 kalinya, Kabupaten Layak Anak untuk yang ke-6 kalinya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak RI.

“Penghargaan serupa dalam perwujudan kesetaraan gender, juga telah diraih Kabupaten Kuningan. Yaitu, penghargaan Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat dan Penghargaan Capaian Akseptor KB Ke-3 Tingkat Nasional,” terangnya.

Selain itu sambungnya, ada beeberapa penghargaan lain yang diraih. Dalam bidang olahraga, atlit Kuningan meraih 3 medali emas dan 1 perak untuk cabang olahraga catur di Asean Para Games atas nama Tita Puspita asal Desa Nusaherang. Di cabang atletik Asean Para Games, atlit asal Kelurahan Ciporang, Insan Nurhaida meraih 2 medali perak dan 1 perunggu. “Kita patut berbangga atas capaian putra-putri kita. Tentunya, keberhasilan ini merupakan keberhasilan masyarakat

Kabupaten Kuningan, baik yang ada di Kuningan maupun diluar Kuningan. Untuk itu, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas peran serta dan dukungannya,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Acep mengajak semua komponen masyarakat untuk tetap memelihara persatuan dan kesatuan, serta membangun kebersamaan dan gotongroyong sebagai modal sosial dan ciri khas masyarakat Kuningan. “Mari bulatkan tekad dan semangat yang kuat, bahu membahu bersama membangun demi pencapaian Visi Kuningan yaitu Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing