Min04122022

Last updateRab, 30 Nov 2022 11pm

bjb

Pendidikan

Kadsikominfo: Digital Safety, Konsep Internet Aman

Kadiskominfo, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si saat memberikan materi pada kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan.

Kuningan Terkini - Derasnya arus penggunaan internat, menjadi tantangan besar menghadapi perkembangan zaman menjaga sisi keamanan dalam mengakses informasi yang ada. Demikian disampaikan Kadiskominfo Kabupaten Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si pada kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan di SMK Karnas Kuningan, Rabu (07/09/2022).

Digital Safety kata Wahyu, merupakan kemampuan melindungi diri dan aset digital saat sedang ada di ruang digital, dengan memanfaatkan peluang yang ada di internet dan juga menjaga data digital. Konsep digital safety dapat diartikan sebagai konsep internet aman dan sehat.

“Pengguna bisa melindungi diri dengan mengoptimalkan fitur keselamatan digital, kritis untuk tidak mudah mengikuti undangan atau ajakan melakukan sesuatu, dan tidak mudah menyebarkan informasi, kuis, survei yang belum kita periksa kebenaran atau kredibilitasnya,” katanya menjelaskan.

Konsep Digital Safety lanjutnya, harus menjadi pegangan pengguna internet semua umur untuk minimalisir dampak negative yang kelak bisa terjadi. Salah satunya membuat database data pribadi secara manual atau komputerisasi, tidak mengekspose data pribadi keranah publik, baik online maupun offline, serta memperbaharui antivirus pada komputer maupun ponsel pribadi.

“Untuk itu, mari kita menjaga dengan sebaik mungkin Data Pribadi Proteksi (Safe Guard), karena dengan menjaga privasi individu maka akan memberikan juga keselamatan bagi individu tersebut,” ungkapnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing