Sel26102021

Last updateSen, 25 Okt 2021 11pm

BJB

Wisata

Disporapar Kuningan Peringati Hari Pariwisata Sedunia

Bupati Kuningan berfoto bersama para pelaku UKM Kuningan.

Kuningan Terkini - Untuk pertama kalinya dalam sejarah di Kabupaten Kuningan, Disporapar Kuningan peringati Hari Pariwisata Sedunia, Senin (27/09/2021). Kegiatan bertajuk ‘Kuningan Rampes-Ragam Pesona Wisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kuningan’, ditandai dengan penandatanganan Prasasti Tugu Kuningan Sejati & Mini Expo Ekraf oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari Pariwisata merupakan salah satu acara untuk meningkatkan kesadaran akan peran pariwisata di komunitas. Baik lokal, regional, nasional bahkan international untuk menunjukkan dampak pariwisata akan nillai sosial, budaya, politik dan ekonomi dunia.

”Dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah, Kuningan ingin menjadi Kabupaten Agropolitan Wisata Termaju. Alhamdulillah, Kuningan memiliki alam yang indah, sumber daya alamnya luar biasa, suasananya sejuk, gunung Ciremai menjulang tinggi, ditambah dengan SDM yang mumpuni. Maka, apabila SDM ini mengelola SDA secara baik, insyaallah semuanya akan mendapatkan hasil yang diharapkan,” katanya.

Untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Kuningan kata Acep, Ia menekankan menggunakan konsep Pentaholix, dimana percepatan pembangunan tidak bisa dilakukan satu pihak. Maka unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

“Banyak langkah yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Hal ini tentunya berkoordinasi dengan pemerintah Jawa barat, Pemerintah Pusat di Kementrian, terkait pelaksanaan program yang semuanya difokuskan untuk kemajuan pariwisata ekonomi kreatif. Untuk itu, adanya kolaborasai bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan sangat penting,” paparnya.

Ditempat yang sama, Kadisporapar Kuningan, DR. H Toto Toharudin, MPd menambahkan, kegiatan Hari Pariwisata Sedunia ini, merupakan rangkaian yang sudah berlangsung sejak 24 Agustus 2021 lalu. “Hari ini puncaknya, kita launching dan penandatanganan prasasti Tugu Kuningan Sejati, dan mini expo ekraf dari Kuciku dan Suksesku,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh