Fishing

Seni Calung Mulai Hilang?

Kam13062024

Last updateMin, 09 Jun 2024 11pm

bjb

Wisata

Seni Calung Mulai Hilang?

Kesenian Calung

Kuningan Terkini - Untuk melestarikan kesenian tradisional Calung yang saat ini sudah jarang terlihat keberadaannya di tengah masyarakat, Diskominfo menggelar pentas kesenian calung di Desa Cageur, Kecamatan Darma, Senin malam (29/9/2014). Kesenian calung yang dibawakan oleh Lingkung Seni Mayasari Group dari Kadugede, mampu menghibur dan mengundang perhatian masyarakat Desa Cageur.

Kepala Desa Cageur, Cicih Sumiarsih menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kuningan, dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika yang telah memilih Desa Cageur sebagai salah satu lokasi kegiatan tersebut.

“Kedepannya, kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali didesanya, mengingat wilayahnya yang jauh dari pusat kota jarang mendapat kesempatan menikmati hiburan secara langsung seperti pementasan calung yang sekarang dilaksanakan,” harapnya.

Kepala Diskominfo Agus Sadeli mengatakan, calung sebagai salah satu budaya masyarakat sunda, keberadaannya diharapkan mampu bertahan di era modern dan tetap berada di hati setiap masyarakat. Pemilihan pementasan calung sebagai kesenian tradisional komunikatif, bukan semata-mata sekedar menampilkan kreasi saja. Namun, pemberdayaan sekaligus pemberian pengakuan kepada penggiat seni untuk turut serta berkontribusi dalam menyebarluaskan informasi pembangunan.

“Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut berperan aktif dalam penyebarluasan informasi pembangunan di Kabupaten Kuningan, sesuai dengan bidang dan kemampuan masing-masing,” ajaknya.(DHE)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing