Fishing

Uniku Gelar Seminar AEC

Sab04052024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pendidikan

Uniku Gelar Seminar AEC

Seminar Asean Economics Community (AEC) Tahun 2015

Kuningan (KaTer) - Pentingnya pemahaman mahasiswa dalam menghadapi persaingan pasar bebas ASEAN 2015, Prodi Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Kuningan (Uniku) menggadakan seminar yang bertajuk Peran dan Tantangan Akuntan Menghadapi Asean Economics Community (AEC) Tahun 2015. Sedikitnya 385 mahasiswa Uniku dari jurusan Akuntansi menjadi peserta pada seminar itu, dengan pemateri salah satunya didatangkan langsung dari Dosen Universitas Padjajaran Bandung.

“Kegiatan ini digelar, dengan didasari adanya kebutuhan Mahasiswa Uniku khususnya Jurusan Akuntansi tentang informasi yang berkaitan dengan Akuntan. Diharapkan, diakhir acara mahasiswa bisa menambah pengalaman dan pengetahuan terkait isu terhangat di dunia akuntansi,” ujar Penanggung Jawab Acara, Kaprodi Akuntansi FE Uniku, Enung Nurhayati kepada KaTer, Jumat (14/3/2014).

Pemateri dalam acara seminar, ketua Ikatan Akuntan Indonesia, Edi Jaenudin, S.E., M.SI, Ak yang juga dosen Universitas Padjajaran menjelaskan, masyarakat Ekonomi Asean atau Asean Economic Community merupakan tujuan akhir dari integrasi ekonomi yang dituangkan dalam visi Asean 2020.

“Tujuanya sendiri yaitu menciptakan kawasan ekonomi Asean yang stabil, makmur, dan sangat kompetitif dimana ada aliran bebas barang, jasa, investasi dan aliran modal yang lebih bebas serta pembangunan ekonomi yang merata dan mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial ekonomi di tahun 2020,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan Program Kerja (Proker) FE jurusan Akuntansi Uniku Untuk memperluas jejaring kerjasama dengan pihak luar. Sepert saat ini pihaknya akan bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) wilayah Jawa Barat. Untuk MoU dengan IAI Jawa barat. Ditandatangani oleh dekan Fakultas Ekonomi Uniku atas nama prodi Akuntasi, yang diketahui oleh Rektor Uniku, Dr H Iskandar MM.

“Inti dalam seminar kali ini, penandatanganan piagam kerjasama prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan dengan IAI wilayah jawa barat. Dimana sebelumnya kami sudah melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti PT, AMSI Silkteech Singapura, Dinas KUKM, Dinas Pendapatan Kabupaten Kuningan, KPP Pratama Kuningan, BPR Kuningan, BPPT dan lain sebagainya,” sebutnya.

Enung menambahkan, kegiatan ini salah satu tujuanya untuk mahasiswa mahasiswi agar dapat mengenal organisasi profesi Akuntansi yang dalam hal ini Ikatan Akuntan Indonesia “Selain itu, juga untuk meningkatkan pengetahuan bagi para dosen dan mahasiswa yang berkaitan tentang permasalahan dan pengetahuan terbaru tentang ruang lingkup Akuntansi,”pungkasnya.(AND)

Comments   

 
0 #1 Tarik Uang Tunai 2014-05-26 13:56
[ATMbersama.com ] Pasar bebas ASEAN adalah sebuah keniscayaan. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di bidang keuangan dan perbankan akan berlaku pada tahun 2020. Sanggupkah Indonesia bersaing langsung menghadapi gempuran layanan keuangan dan perbankan dari negara tetangga? Ataukah justru produk keuangan dan perbankan kita yang berjaya di negara lain? http://bit.ly/1tiofHx
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh


Fishing