Fishing

Pemborosan, Dewan Bentuk 4 Pansus Tunda Bayar?

Kam13062024

Last updateMin, 09 Jun 2024 11pm

bjb

Parlementaria

Pemborosan, Dewan Bentuk 4 Pansus Tunda Bayar?

Sujarwo

Kuningan Terkini - Pelaksanaan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) yang sudah disampaikan Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH dalam rapat Paripurna DPRD pekan lalu, nampaknya terjadi tarik ulur terkait mekanisme yang akan diterapkan para Wakil Rakyat yang terhormat.

Beredar issue, beberapa Fraksi yang tergabung dalam koalisi pembentukan Pansus Tunda bayar, menginginkan dibentuknya empat Pansus sesuai dengan jumlah Komisi yang ada untuk melakukan pembahasan LKPJ. Jika benar terjadi dibentuk empat Pansus, tentunya seluruh anggota Lembaga Legislatif masuk ke dalamnya.

Menurut Pemerhati Kebijakan Kuningan, Sujarwo yang akrab disapa Mang Ewo, jika empat pansus dibentuk, ada 13 anggota DPRD Kuningan yang akan merangkap duduk di dua Pansus, yakni Pansus Tunda Bayar dan Pansus LKPJ. Kendati dalam tatib DPRD tidak disebutkan berapa jumlah Pansus yang bisa dibentuk untuk membahas LKPJ, tentunya dengan jumlah Pansus yang gemuk, dikhawatirkan akan menguras anggaran yang tidak sedikit.

“Hal tersebut tentunya sangat ironis dengan kondisi Keuangan Daerah yang cukup memprihatinkan,” tegasnya, Jum’at (07/04/2023).

Dikatakan, perdebatan pembentukan Pansus gemuk yang belum final karena adanya penolakan dari beberapa Fraksi lainnya, dikhawatirkan akan memakan waktu yang cukup lama, dan akhirnya akan menyita waktu untuk melakukan pembahasan terhadap LKPJ yang dibatasi waktu 30 hari sejak disampaikan oleh Bupati.

“Fenomena pembentukan Pansus gemuk yang disuarakan fraksi-fraksi pendukung Pansus Tunda bayar, mengesankan adanya sikap oposisi di Lembaga Legislatif terhadap duet kepemimpinan Acep-Edo di akhir masa kepemimpinannya,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing