Fishing

KPU Bakal Gelar Gerak Jalan Sehat

Kam02052024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Olahraga

KPU Bakal Gelar Gerak Jalan Sehat

Anggota KPU Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Asep Z Fauzie

Kuningan (KaTer) - Guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif 9 April mendatang, KPU Kuningan bakal menggelar kegiatan Gerak Jalan Sehat. Kegiatan bertajuk Menuju Pemilu Jujur dan Adil rencananya digelar pada hari Minggu 9 Maret 2014 mulai pukul 07.00 WIB.

Jalur yang akan digunakan peserta antara lain Jl. Jend. Sudirman dengan mengambil start di depan kantor KPU Kuningan. Berikutnya melintasi Jl. Langlangbuana dan Jl. Siliwangi menerobos jalur car free day sebelum akhirnya finish di Pandapa Paramarta.

Untuk menjamin kelancaran kegiatan gerak jalan, KPU sudah menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan pihak terkait, Selasa (4/3/2014), di gedung KNPI Kuningan. Rakor dipimpin komisioner KPU Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Asep Z Fauzi, didampingi komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Dadan Hamdani.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan, Ujang Abdul Aziz MH. Hadir juga unsur kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Badan Kesbangpol, perwakilan Parpol serta undangan lainnya.

“Gerak jalan sehat ini gratis dan serempak digelar tanggal 9 Maret 2014 di seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia sesuai intruksi dari KPU RI. Pesertanya selain penyelenggara pemilu yang meliputi KPU, PPK, PPS, Panwaslu dan Panwascam, juga diikuti oleh FKPD (forum koordinasi pimpinan daerah, red), perwakilan parpol peserta pemilu dan masyarakat umum. Kami juga akan menghadirkan grup Marching Band dari SMK Yamsik supaya suasananya lebih meriah,” ujar kanggota KPU Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Asep Z Fauzie, Rabu (5/3/2014).

Di Pandapa, KPU nantinya akan menggelar acara simulasi pencoblosan surat suara. Setelah itu dirangkai dengan acara hiburan dan pembagian aneka doorprize menarik. Dia menuturkan, pihaknya sudah mematok kuota peserta sebanyak 1500 orang. Pembatasan ini dilakukan untuk menjaga ketertiban sesuai rekomendasi aparat keamanan.

“Jalur yang dilewati pun tidak terlalu panjang. KPU menargetkan seluruh peserta sudah tiba di Pandapa sebelum pukul 09.00 WIB. Tujuannya agar pengguna jalan tetap bisa melintasi Jl. Siliwangi setelah momen car free day selesai. Jadi kegiatan ini tidak hanya mengajak masyarakat untuk rolahraga. Utamanya, menyebarkan informasi dan memantapkan pemahaman Pemilu,” terang Asep.

Adapun tekhnisnya kata Asep, selain melalui penyiaran informasi dan simulasi pencoblosan surat suara, pihaknya akan membagikan brosur tentang Pemilu kepada peserta dan masyarakat. Targetnya, informasi ini kemudian akan tersebar di lingkungannya masing-masing secara berantai, sehingga pada saatnya nanti semua pemilih siap datang ke TPS masing-masing untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Khusus untuk para Caleg, kami mempersilahkan untuk mengikuti kegiatan gerak jalan ini. Namun demi menghindari luapan massa dalam skala besar, diharapkan Caleg tidak memanfaatkan momen ini untuk mobilisasi pendukung. Kalau teman-teman Caleg mau ikut silahkan tinggal datang ke titik start di depan kantor KPU,” ujarnya.

Namun demikian lanjut Asep, para caleg sebaiknya koordinasi dulu ke Parpolnya masing-masing supaya posisinya nanti tidak terpencar dan mungkin mau berembug dulu di internal Parpol terkait atribut yang nanti akan digunakan oleh Caleg. Selain itu, dimohon tidak membawa massa pendukung, cukup membawa suami atau istrinya saja sebagai pendamping.

“Terkait parker, KPU sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan dan Satpol PP. Sebab tidak menutup kemungkinan banyak peserta yang berangkat dari rumahnya membawa kendaraan,” jelasnya.

Demi ketertiban sambung Asep, disarankan agar saat mendatangi titik start melewati jalar timur melalui perempatan Ciporang arah Windusengkahan. Sebab kalau dari arah barat dipastikan akan melahirkan kemacetan. Peserta yang datang dari arah barat membawa kendaraan dihimbau untuk memutar ke arah kampus Uniku di Windusengkahan supaya tidak terjebak macet.

“Nah, kalau gak bawa kendaraan sih silahkan bisa merapat dari arah mana saja, yang penting tidak mengganggu ketertiban umum,” pungkasnya.(AND)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing