Fishing

ICMI Siap Kawal Proses Demokrasi di Indonesia

Jum12072024

Last updateKam, 11 Jul 2024 4pm

bjb

Politik

ICMI Siap Kawal Proses Demokrasi di Indonesia

Ketua Umum ICMI, Arif Satria

Kuningan Terkini - Jelang musim politik Indonesia 2024, Ikatan Cendekiawan Muslim Se Indonesia (ICMI) berkomitmen untuk tetap mengawal etika, moral dan intelektual dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini ditegaskan Ketua Umum ICMI, Arif Satria pada acara Halal Bihalal dan Silaturrahmi Tokoh bangsa, Jumat (12/05/2023).

“Acara Halal Bilhalal ICMI dan Silaturrahmi Tokoh Bangsa adalah upaya ICMI untuk merekatkan komponen bangsa dan mengajak untuk menguatkan komitmen untuk menjaga Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik, berperadaban maju dan disegani dunia internasional,” kata Arif menjelaskan.

ICMI ucap Arif, tidak menjadi partisan atau berpihak secara langsung atau tidak langsung kepada partai politik atau kontestan pemilu 2024. ICMI akan mengawal proses demokratisasi di Indonesia menjadi kontestasi yang sejuk, damai dan bersih. Meski demikian, ICMI mendorong para anggotanya yang berasal dari kalangan politisi untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

“Berjuang melalui jalur politik salah satu pilihan terbaik untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat” tegasnya,

Lebih lanjut rektor IPB ini menegaskan, dalam khittahnya, ICMI memperjuangkan Ke-Islaman dan ke-Indonesiaan berdasarkan kecendekiawannya. ICMI adalah wadah bagi para cendekiawan muslim untuk beramal, berkreasi, menginspirasi, dan berprestasi guna mengangkat harkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

“Ada tiga hal yang merupakan pangkal pandangan dasar ICMI. Yaitu, ke-Islaman, ke-Indonesiaan, dan ke-Cendekiawanan,” terangnya.

Sifat dasar ke-Islaman sambungnya, memberi landasan bagi pandangan-pandangan ke-Islaman yang bersifat universal. Sifat ke-Indonesiaan menyediakan lingkup penerjemahan pandangan ke-Islaman yang universal dalam konteks membangun kehidupan tanah air. Sementara, Sifaf ke-Cendekiawanan merupakan tumpuan amanat khusus yang diemban ICMI dalam perjuangan membangun masyarakat dan bangsa.

“Untuk mengawal proses politik di Indonesia agar berjalan dengan lebih matang, ICMI akan melaksanakan serangkaian Pendidikan Politik di Seluruh Indonesia. ICMI akan mendorong masyarakat menggunakan hak politiknya secara merdeka. ICMI akan mendorong kontestan untuk mengedepankan etika, moral dan kesantunan politik untuk memenangkan kontestasi politik 2024,” pungkasnya.(jly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing