Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Kesehatan

Wabup: Posyandu Tingkatkan Derajat Kesehatan

Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda, SH, M.Si saat bersilaturahmi dengan kader Posyandu Desa Padarek

Kuningan Terkini - Pemerintah Kabupaten Kuningan sangat mendukung berbagai program pemerintah desa dibidang kesehatan melalui layanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Pasalnya, keberadaan Posyandu) dinilai sangat penting untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Salah satu indikator keberhasilan pembangunan kesehatan adalah terwujudnya kesehatan ibu dan anak. Posyandu sebagai mitra pemerintah, diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat, khususnya ibu hamil dan balita,” ucap Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda, SH, M.Si saat bersilaturahmi dengan kader Posyandu Desa Padarek, Kecamatan Kuningan, Selasa (11/1/2022).

Posyandu kata Edo sapaan akrabnya, merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dari, oleh, untuk dan bersama masyaraka. Hal ini, tentunya guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

“Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat termasuk kader,” ujarnya.

Tujuan utama Posyandu sambungnya, adalah untuk mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Selain itu, salah satu peran Posyandu adalah menekan angka Stunting di masyarakat.

“Dengan memberikan informasi tentang pemenuhan gizi yang baik dan seimbang kepada ibu hamil dan balita, diharapkan kedepan sudah tidak ada lagi Stunting di Kabupaten Kuningan,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing