Sel31012023

Last updateKam, 26 Jan 2023 10pm

bjb

Olahraga

Porprov XIV Jabar, Wushu Kuningan Optimis Raih Medali

Rapat persiapan Porprov ke XIV Jawa Barat.

Kuningan Terkini - Sebanyak 8 atlit Wushu Kuningan, siap bertarung dalam even Pekan olahraga provinsi (PORPROV) Jabar 2022 yang digelar di Kabupaten Ciamis 09 hingga 19 Novemver 2022. Meski tidak diperkuat atlit andalan peraih emas Porprov tahun 2018, Mutia Azzela akibat cedera, Pengcab Wushu Kuningan tetap optimis meraih medali pada even olahraga 4 tahunan di Kawali, Ciamis.

“Paska atlit andalan peraih medali emas, Mutia mengalami cidera otot tendon lutut seusai mengikuti PON Papua 202, Kami sudah menyiapkan beberapa skenario untuk menghadapi Porprov ke XIV Jawa Barat di Ciamis, tepatnya di Kawali,” kata ketua Pengcab Wushu Kuningan, Ir. Putu Bagiasna, MT, diamini wakil ketuanya, Ir. Wawan Setiawan, MT usai acara seremonial pelepasan atlet Porprov Kuningan di Pendopo, Selasa (25/10/2022).

Wushu Kuningan kata Putu, sudah mempersiapkan secara matang atlet yang lainnya. Mereka juga pengalaman dikejuaraan nasional (Kejurnas) Wushu yang dilaksanakan di Jakarta 2021 maupun Kejurnas Tahun ini, (2022) di Surabaya. Ada 3 atlet Taolu yang sudah siap bertarung, yakni Paris, Chalifa dan Aji Sakti.

“Taolu itu semacam kata di karate dan ibing dalam silat. Atau biasa disebut seninya. Ketiganya memainkan beberapa jurus diantaranya Paris ikut Cang Chien, Kiang Shu. Chalifa jurus Taiji Quan dan TaiJijian sedangkan Aji Sakti mengikuti jurus Nan Quan dan Nan Gun,” terangnya.

Selain mengikuti nomor taolu jelas Putu, ada juga nomor tarung bebas atau disebut Sansau atawa Sanda. Yakni, kategori putra Wira di kelas 75 Kg, Rekhan di kelas 52 Kg dan kategori putri yakni Selfi Nur Rianny kelas 60 Kg, Elora Hikmiyati M kelas 56 Kg, Selfi Tri Aulia kelas 48 Kg. 

"Kendati mengikuti kuliah di beberapa kota besar, kelima atlet tersebut dititipkan di sasana yang bagus," jelasnya.

Sementara, Wakli Ketua Wushu Kuningan, Ir. Wawan Setiawan, MT menambahkan, kendati terkendala pendanaan untuk atlet, khususnya Sansau karena berada jauh di luar Kuningan. Pengcab Wushu Kuningan tetap memperhatikan dengan memberikan dana bantuan perbulan sebesar 500 ribu rupiah.

“Ini semata-mata bentuk tanggung jawab moril terhadap atlet binaan Pengcab Wushu Kuningan,” pungkasnya.(gg).

Add comment


Security code
Refresh


Fishing