Sel31012023

Last updateKam, 26 Jan 2023 10pm

bjb

Pemerintahan

Terkait Bantuan STB, Ini Kata Kadiskominfo

Kadiskominfo Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si.

Kuningan Terkini - Banyaknya pertanyaan dari masyarakat terkait bantuan Set Top Box (STB) akibat peralihan siaran televisi analog ke digital, disikapi santi Kadiskominfo Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si. Menurutnya, bantuan STB tersebut merupakan kewenangan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

“Pendistribusian Set Top Box dilaksanakan oleh Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) atau vendor yang mereka tunjuk,” kata Wahyu menjelaskan, Selasa (22/11/2022).

Berdasarkan informasi terakhir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika kata Wahyu, kuota penerima bantuan STB untuk Kabupaten Kuningan, total sebanyak 43.892 unit. Data tersebut diperoleh dari Project Manajemen Office (PMO) kementerian Kominfo pada tanggal 15 Nopember 2022.

“Sementara untuk pendistribusiannya dilaksanakan oleh vendor. Vendor yang tahu by name by address nya. Sampai saat ini, pihak vendor belum pernah ada yang berkoordinasi dengan kami,” terangnya.

Lebih jauh Wahyu mengatakan, ada tujuh Lembaga Penyiaran pengelola multiplexing (MUX) yang menyediakan STB Bantuan bagi rumah tangga miskin. Diantaranya, MNC Group (Global TV, RCTI), SCM Group (SCTV dan INDOSIAR), Media Group (Metro TV), Nusantara TV, dan Rajawali TV, VIVA Group (TV ONE dan ANTV), dan Trans Media (Trans TV dan Trans7).

“Untuk diketahui, bantuan STB diperuntukkan hanya untuk Rumah Tangga Miskin dengan merujuk kepada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Untuk Informasi penerima bantuan STB, bisa diakses di website cekbantuanstb.kominfo.go.id, dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” pungkasnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing