Sab01042023

Last updateKam, 30 Mar 2023 11am

bjb

Politik

Survey SMRC, Elektabilitas Nasdem Anjlok 3,2 Persen

Logo Partai Nasdem.

Kuningan Terkini - Berdasarkan hasil survey yang dilakukan SMRC pada 03-11 Desember 2022, elektabilitas Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), anjlok di bawah 4 persen. Perolehan suara Nasdem 3,2 persen, PPP 2,9 persen dan PAN 1,9 persen.

Menurut Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, Partai Nasdem, PPP dan PAN yang lolos ke DPR pada Pemilu 2019 lalu, elektabilitas ketiganya kini berada di bawah Perindo yang notabene partai non-parlemen. Perindo 4,6 persen, Nasdem 3,2 persen, PPP 2,9 persen, PAN 1,9 persen. “Saya kira, ini menarik," kata Deni, Senin (19/12/2022).

Perolehan elektabilitas Perindo kali ini kata Deni cukup menonjol. Sebab, partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu berhasil meraih elektabilitas di bawah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Disisi lain, perolehan elektabilitas Nasdem yang di bawah 4 persen, cukup menimbulkan pertanyaan. Karena, sebelumnya SMRC mencatat Nasdem masih di atas 4 persen.

“Temuan survei SMRC pada Desember ini, menunjukkan ada sejumlah partai diparlemen yang elektabilitasnya masih di bawah 4 persen,” ucpnya.

Meski demikian sambungnya, masih terlalu dini untuk menyimpulkan apakah nantinya Nasdem lolos ke parlemen atau tidak. Sebab, masih ada 20,9 persen responden yang belum menentukan pilihan politiknya. “Setiap partai masih punya peluang untuk bisa menaikkan dukungan," tegasnya.

Lebih jauh Deni menjelaskan, jumlah responden yang disasar pada survei dengan metode wawancara tatap muka ini sebanyak 1.029 orang. “Adapun margin of error survei diperkirakan lebih kurang 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen,” pungkasnya.(Herdy Rere)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing